l


Desa Tanjung Baru Tuan Rumah Bimtek Aplikasi SIA Bumdes

  • 15 Juli 2021
  • Laporan : Firman

PALI, SMR - Guna meningkatkan mutu kerja dari Pemerintah Desa (Pemdes), DPMD kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir, melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek), menggunakan Aplikasi SIA Bumdes.

Hari ini (red), Desa Tanjung Baru Kecamatan Penukal Utara, menjadi tuan rumah, mengingat Desa Tanjung Baru Bumdes nya sudah maju secara adminitrasi.

Edy Irwan Kabid TTG dan Pemberdayaan Desa, menuturkan Bimtek ini ditempat di satu desa yakni Desa Tanjung Baru Kecamatan Penukal Utara, dan setiap desa mengirimkan operator Bumdes nya.

"Operator diberikan Bimtek untuk menggunakan Aplikasi di komputer, agar bisa menginput segala kegiatan terutama tentang keuangan desa, " ujarnya, Kamis (15/7/2021).

Sambungnya, dalam Bimtek ini mengundang 4 orang sebagai narasumber, Aplikasi SIA Bumdes juga secara Offline, mengajarkan tata cara kelola menginput keuangan desa.

Asep Yaudi Kades Tanjung Baru, mengatakan bahwa desa nya hanya sebagai tuan rumah dari Bimtek, dan hanya memfasilitaskan tempat saja, serta kebutuhan peserta. Ia menuturkan peserta Bimtek ini berjumlah 21 desa, setiap desa hanya mengirim 2 orang, terdiri dari Operator dan Pengurus Bumdes, dan kegiatan ini juga hanya satu hari saja.

"Dengan harapan Bimtek menggunakan Aplikasi SIA Bumdes, desa yang memiliki Bumdes bisa mengerti tata cara menginput tata kelola keuangan desa, dan kedepannya Bumdes bisa maju lagi, " harapnya. (red)

Tag :
Berita Terkait