l


DPMD Gelar Bimtek Aplikasi SIA Bumdes

  • 16 Juli 2021
  • Laporan : Firman

PALI. SMR - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), untuk seluruh Pemdes yang ada di 65 desa khususnya di 5 kecamatan.

A. Gani Akhmad, SH MM Kadin DPMD melalui Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Teknologi Tepat Guna (Kabid PM&TTG) DPMD Kabupaten Pali, Edy Irwan, SE MSi, mengatakan Bimtek ini dibagi dua sesi dan kegiatan dilaksanakan selama dua hari.

"Untuk sesi pertama diikuti 21 desa bertempat di Desa Tanjung Baru Kecamatan Penukal Utara, sedangkan sesi kedua diikuti 44 desa bertempat di Desa Tanah Abang Jaya Kecamatan Tanah Abang, " ujarnya, jumat (16/7/2021).

Sambungnya, dalam Bimtek ini Pihaknya telah mengundang sebagai Narasumbernya perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan.

"Dalam bimtek ini Pemdes khususnya di dalam Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), agar bisa menggunakan Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi (SIA), untuk mempermudah penginputan dalam Pelaporan Keuangan Desa itu sendiri, " ucapnya.

Masih katanya, Peserta bimtek ini diajarkan untuk lebih mengerti menggunakan Aplikasi SIA Bumdes, agar pelaporan keuangan desa teratur secara administrasi.

Bukan hanya Bimtek ini juga para peserta dibekali ilmu, bagaimana Pemdes khususnya di Bumdes, bisa lebih mengerti secara administrasi keuangan.

"Kami mengajak seluruh Pengurus Bumdes dan Pemdes, agar bisa meningkatkan Kapasitas Keuangan Bumdes dan Tata Kelola Keuangan BUMDES yang tertib dan akuntabel, " ajaknya. (red)

Tag :
Berita Terkait