l


Setiap Jumat Warga PALI Bisa Ikut Sidang Isbat

Pengadilan Agama Kelas I B Muara Enim, Sarankan Ada Kantor Pengadilan Agama PALI

  • 21 Juni 2022
  • Laporan : Firman

PALI - Ketua bersama rombongan Pengadilan Agama Muara Enim Kelas I B, mengunjungi Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, untuk berkomunikasi memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan Pengadilan Agama dan Dinas Dukcapil.

Program prioritas Direktorat Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia yaitu pelaksanaan sidang Isbat Terpadu yang rencana akan diadakan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Pengadilan Agama Muara Enim jalin silaturahmi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten PALI, Selasa (21/06/22).

Suspawati, S.Ag Ketua Pengadilan Muara Enim mengatakan kedatangan ke Dinas Dukcapil PALI, hanya bersilahturahmi juga memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait dengan Pengadilan Agama dan Dinas Dukcapil.

Saat disinggung awak media, mengenai rencana untuk Pengadilan Agama untuk di Kabupaten PALI, memang sejatinya untuk setiap Kabupaten ada Pengadilan nya.

" Allhamdulilah untuk tahun ini, kami melihat di Mahkamah Agung baru diusulkan untuk Pengadilan Negri, barangkali nanti mudah-mudahan Pengadilan Agama di usulkan di Mahkamah Agung,"ucapnya.

Sambungnya, akan tetapi untuk Pembangunan Kantor Pengadilan Agama Kelas I B, ada beberapa syarat yang harus di penuhi terlebih dahulu baru di usulkan, salah satunya adanya lahan.

Lanjutnya, Apabila syarat itu sudah terpenuhi, maka Mahkamah Agung di usulkan untuk pendirian Pengadilan Agama baru, "Untuk sementara waktu warga yang ingin melakukan Isbat di luar gedung, khususnya Perceraian, dan nikah lagi bisa di kabupaten Pali, tinggal mengirimkan permohonan surat saja, "pungkasnya.

Adapun tempat warga untuk Isbat di kantor Lurah Talang Ubi Timur Kecamatan Talang Ubi, mengingat jarak tempuh cukup jauh hampir satu jam lebih, dan sidang Isbat setiap Jumat saja.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Bertha Haryanto mengatakan menyambut baik dengan silaturahmi Pengadilan Agama dengan Dukcapil, dengan menindak lanjut permasalahan masyarakat terkait percerain pernikahan yang sekarang, seperti pernikahan yang belum terdaftar seperti apa menghadapinya dan menyikapi kondisi itu.

"Tentu banyak berpengaruh ke Dukcapil terkait dokumen kependudukan, status nikah, ataupun status anak untuk kebaikan masyarakat Kabupaten PALI,"ujarnya.

Ia pun menghimbau untuk masyarakat, peduli dengan dokumen administrasi karena menjadi dokumen dasar dari masyarakat, tentu akan mudah di gunakan untuk admistrasi yang lainnya. (red)

Tag :
Berita Terkait